27 Maret 2009

Program BERMUTU dari LPMP Provinsi

Empat Kabupaten Terapkan Program BERMUTU

SAMPIT – Empat kabupaten di Kalimantan Tengah patut berbangga. Bersama 75 kabupaten se-Indonesia, Dinas Pendidikan diempat kabupaten itu terpilih untuk melaksanakan program Better Education Reform Management Universal and Teacher Upgrading (BERMUTU).
“Empat Kabupaten ini sudah diseleksi ketat. Mereka adalah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kotawaringin Timur (Kotim), Gunung Mas dan Barito Timur (Bartim),” kata Kepala Seksi Fasilitasi Sumber Daya Pendidikan LPMP Nani Setiawati saat menjadi narasumber dalam koordinasi program penjamin mutu pendidikan antara Dinas Pendidikan, Bappeda, Komisi Pendidikan DPRD dengan LPMP Propinsi Kalteng dari 14 Kabupaten/Kota Propinsi Kalteng di Balai Penataran Guru (BPG) Mini Sampit, Selasa (24/2).
Salah satu program yang akan diterapkan adalah percepatan peningkatan kualifikasi bagi guru SD yang belum bergelar sarjana (S1).
Menurutnya, program ini dilaksanakan secara berkelanjutan yakni sejak tahun 2009 hingga 2013. “Masalah petunjuk dan teknis kami masih menunggu dari pusat,” terangnya.
Dia menambahkan, program ini adalah untuk memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan kegiatan-kegiatan atau leason studi yang akan memiliki nilai kredit. “Kami juga mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi,” tandasnya.
Dia menjabarkan, untuk persiapan program bermutu itu antara lain, penyediaan bantuan teknis oleh LPMP untuk mengembangkan kapasitas kepala sekolah dan pengawas, pengembangan kapasiltas KKG/MGMP sebagai cara menyediakan pelatihan yang efektif pada tingkat sekolah, implementasi disekolah dan lainnya yang berkenaan dengan program bermutu.
Kami berharap, dengan adanya program bermutu ini meningkatnya mutu pendidikan yang ada di Kalimantan Tengah ini. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar