27 Maret 2009

Kesalahan LJK

Banyak Siswa Salah Mengisi LJK

SAMPIT – Banyak siswa belum memahami cara membulati lembar jawaban komputer (LJK) saat mengikuti tryout kemarin (17/2). Akibatnya, jawaban siswa yang semestinya benar menjadi salah saat diperiksa menggunakan scanner komputer.
”Siswa banyak menggunakan ragos (penggaris berlobang) sehingga sisa potlot yang menempel di penggaris mengotori LJK. Hal ini membuat jawaban juga tidak terbaca,” ucap Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur Calon I Ranggon saat memantau tryout kemarin (17/2).
Menurutnya, lebih baik siswa menggunakan manual dengan melingkari tiap jawaban tanpa menggunakan ragos sehingga kerusakan lembar jawaban bisa diminimalisirkan. ”Akan lebih baik siswa itu membulati jawabannya dengan manual,” imbuhnya.
Dia menambahkan, siswa hendaknya membawa papan atau alas. Apabila LJK terlipat maka tidak akan terbaca dengan baik meskipun jawaban benar.
Ketua Pengawas dan sekretaris tryout tingkat SMA/Sederajat Kurnain dan Ahmad Syaifudi menambahkan, ketidak lulusan siswa bukan berarti ketidakmampuan siswa dalam mengerjakan soal melainkan kesalahan dalam pengisian LJK. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar