27 Maret 2009

Janji Pemkab Kotim

Ancang-Ancang Gratiskan Semua Jenjang Pendidikan

SAMPIT – Perhatian Pemkab Kotim terhadap dunia pendidikan masih sangat besar. Setelah tahun ini menerapkan pendidikan gratis untuk SD dan SMP, maka pada tahun 2010 direncanakan gratis pada jenjang pendidikan SMA sederajat.
“Ini tetap menyesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Kita berharap tahun 2010 biaya pendidikan semua jenjang bisa digratiskan,” ujar Bupati Kotim HM Wahyudi K. Anwar saat membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Senin (9/2).
Tak hanya itu mengacu prioritas pembangunan di tahun 2009, program lainnya seperti infrastruktur, kesehatan dan ekonomi kerakrayatan tetap akan dilanjutkan. Untuk bidang infrastruktur, misalnya dilakukan pembuatan jalan dan drainase di pemukiman yang padat.
Kemudian pada bidang kesehatan, akan ditingkatkan prasarana puskemas yang ada. Karena puskemas yang sudah dibuat dengan fasilitas rawat inap ini akan mampu menampung masyarakat di sana. Selain itu masyarakat disekitar tidak perlu jauh lagi untuk berobat ke Sampit.
“Pembangunan yang kita prioritaskan adalah pembanguan yang tergantung dari kepadatan penduduknya. Jadi wilayah yang lain jangan cemburu pada Kecamatan Samuda. Karena Samuda penduduknya cukup padat,” tuturnya.
Lebih lanjut bupati mengatakan, masalah ekonomi kerakyatan sangat berkaitan dengan adanya sebuah sarana jual beli. “Ingat perencanaan pembangunan ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat. Jika masyarakat hanya sekedar menonton saja maka Kabupaten Kotim tidak akan maju,” ungkapnya.
Sementara hadir pada kegiatan itu, angota DPRD Kabupaten Kotim, unsur muspika, unsur pemuka agama, dan masyarakat setempat. Selain di kecamatan Mentaya Hilir Selatan, musrenbang juga digelar di kecamatan Baamang dan Parenggean. (raf/ton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar