10 April 2009

SMPN 1 Sampit Seleksi R-SBI

SMPN 1 Sampit Gelar Seleksi Rintisan SBI

SAMPIT – Sejak 6 April lalu, SMPN 1 Sampit melaksanakan seleksi rintisan sekolah bertaraf internasional (R-SBI) tahun ajaran 2009/2010. Seleksi yang dibagi menjadi dua bagian itu diikuti sebanyak 81 peserta.
Seleksi pertama, peserta menjalani tes akademik yang digelar 6-7 April lalu. Sedangkan seleksi kedua, mengikuti tes keterampilan (skill) pada 16-17 April mendatang.
“Bagi peserta yang dinyatakan lulus tes akademik akan kembali mengikuti tes keterampilan berupa bahasa Inggris dan komputer,” ungkap Kepala SMPN 1 Sampit Abung, SPd, kepada Radar Sampit, kemarin (8/4).
Menjadi siswa R-SBI tidaklah mudah, ada beberapa syarat mutlak yang mesti dipenuhi, misalnya calon peserta sudah duduk dikelas 6 SD dan harus memiliki nilai paling rendah 7.0 terutama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia. “Pengrekrutannya melalui sekolah-sekolah dan radio,” bebernya.
Disamping itu, lanjut mantan Kepala SMPN 9 Sampit ini mengatakan, kelas yang dibuka bagi pelajar R-SBI hanya dua kelas. “Perkelas akan diisi 48 pelajar. Jadi seleksinya akan sangat ketat,” cetusnya.
Dia menambahkan, jadwal masuk sekolah antara pelajar R-SBI dan reguler tidak mengalami perbedaan. “Meski seleksi kita lebih dulu, jadwal masuknya akan sama dengan siswa reguler satelah penerimaan siswa baru selesai,” ucapnya.
Ditanya apakah pelajar yang telah dinyatakan lulus seleksi, tapi pada saat ujian akhir sekolah berstandar ansional (UASBN) tidak lulus masih bisa diterima? Abung mengatakan secara otomatis jatah kursi di R-SBI akan hangus.
“Kalau disekolah tidak lulus berarti pelajar tersebut tidak diterima meskipun mengikuti seleksi R-SBI lulus,” pungkasnya. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar