10 April 2009

2010 SMA Gratis

2010, Pendidikan Menengah Direncanakan Gratis

SAMPIT – Langkah pemkab Kotim menggratiskan pendidikan dasar (SD dan SMP) pada tahun ini akan kembali dilanjutkan untuk pendidikan menengah (SMA sederajat). Direncanakan penggratisan biaya itu akan dilaksanakan 2010 mendatang.
Bupati Kotim HM Wahyudi K. Anwar upaya itu dilakukan untuk mensukseskan program wajib belajar 12 tahun yang dicanangkan pemerintah pusat. Namun demikian, untuk bisa memujudkan itu harus menyesuaikan dengan anggaran daerah.
“Anggaran pendidikan kita memang sudah melampuai apa yang diamanatkan Undang-Undang. Apakah tahun depan akan diikuti dengan penggratisan untuk pendidikan menengah akan dibahas bersama DPRD terlebih dahulu,” kata Wahyudi saat acara tatap muka dan silaturrahmi dengan guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK/sederajat dari 4 Kecamatan yakni Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut di Mesjid Nurul Islam Samuda belum lama ini.
Untuk saat ini, pihaknya hanya menggratiskan biaya pendidikan untuk tingkat dasar. Penggratisan itu tidak dalam artian keseluruah. Ada beberapa hal yang juga harus ditanggung orangtua murid.
“Untuk baju, celana, ikat pinggang dan sepatu serta keperluan pribadi siswa sepenuhnya ditanggung oleh orang tua,” ujar Wahyudi.
Menurutnya, program wajib belajar 12 tahun ini sangat tepat dilaksanakan mengingat kedepannya terutama bagi dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) memerlukan tenaga pekerja memiliki ijazah paling rendah tamatan sekolah menengah. “Dulu tamatan SMP masih bisa diterima di DU/DI sekarang harus tamatan SMA,” ungkapnya
Dia menambahkan, dengan adanya program wajib belajar 12 tahun, maka masyarakat wajib menyekolahkan anaknya hingga tingkat menengah.
“Kami harapkan tidak ada lagi pungutan ke orang tua wali murid karena biaya pendidikan sudah digratiskan diluar dari keperluan siswa,” tegas Wahyudi.
Wahyudi berharap, dengan adanya program wajib belajar 12 tahun gratis ini maka generasi penerus bisa mengecap pendidikan kejenjang lebih tinggi lagi. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar