11 September 2009

Perpusda koleks buku baru

Perpusda Siapkan 1.419 Buku Baru

SAMPIT – Perpusatakaan Daerah Kotim menambah koleksi bukunya, setidaknya 1.419 judul buku baru dipersiapkan untuk menarik minat baca warga Sampit. Buku-buku itu terdiri dari berbagai macam jenis, mulai buku pendidikan, buku umum, dan lainnya.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kotim M Hasan Basri mengatakan saat ini ribuan buku itu masih dalam tahap pengolahan sebelum dipajang. Mulai dari pemberian label judul buku, katalog, kantong peminjam dan lainnya. “Para staf perpustakaan saat ini masih mengerjakannya,” kata Hasan Basri, kemarin (11/9).

Menurutnya dalam pengelolaan buku perlu ketekunan dan ketelitian, sebab harus menyesuaikan dengan jenis dan nomor bukunya, misalnya nomor 000 adalah untuk jenis buku karya umum, 100 untuk jenis buku filsafat dan buku psikologi. “Ini yang membuat pengolahan buku sedikit terlambat padahal jenis buku yang sudah diterima luar biasanya banyaknya,” bebernya.

Salah satu staf perpustakaan Jalal menambahkan, menentukan satu jenis dan nama buku itu bisa memakan waktu 70 menit karena harus menyesuaikan dan ini harus dilakukan sangat teliti. “Tidak gampang untuk penyusunan kategori buku dan ini perlu ketelitian,” ujarnya.

Hasan berharap, pada penerimaan calon pengawai baru tahun ini pihaknya meminta agar diberikan tenaga pustakawan untuk menata dan menyusun jenis dan nama buku sesuai dengan katalog sedikitnya dua orang. “Untuk pengajuan sudah diberikan melalui proposal,” pungkasnya. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar