11 September 2009

Dana KF 2009

Bukan Rp1,8 Tapi 3,6 Juta

Dana Bantuan KF Per Semester

SAMPIT – Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal (Kabid PNIF) pada Disdikpora Kotim Kotim Suryani meluruskan besaran anggaran untuk kegiatan Keaksaraan fungsional (KF) per semester. Disebutkannya per semester dana KF dikucurkan sebesar Rp3,6 juta.

Ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Dan dana ini sesuai dengan isi proposal yang telah diajukan ke pemerintah pusat,” tegas Suryani.

Sebelumnya mencuat kabar dana program KF yang dikucurkan Disdikpora Kotim hanya sebesar Rp1,8 per semester. Dana itupun masih dianggap kurang, karena tidak mencukupi untuk pembiayaan operasional seperti pembayaran tutur, dan pembelian peralatan berupa alat tulis dan kebutuhan lainnya.

Suryani mengatakan biaya sebanyak itu (Rp3,6 juta) dialokasikan untuk membayar honor tutor, pembelian bahan ajar berupa alat tulis dan buku, serta kebutuhan di lapangan selama kegiatan. “Semua mengacu pada isi proposal atau prosedur yang telah dibuat. Sedangkan mengenai besaran honor tutor menyesuaikan kesepakatan. Yang jelas dana ini diturunkan sekaligus persemester bukan pertriwulan,” jelasnya.

Disinggung seberapa jumlah penderita buta aksara di Kotim, Suryani masih belum bisa membeberkannya. Menurutnya, saat ini validasi data masih menunggu laporan dan UPTD Dikpora Kecamatan. “Semuanya masih diproses. Kalu itu selesai (validasi data) baru kita ketahui jumlah penderita buta aksara di Kotim,” kata Suryani.

Sementara Kepala Disdikpora Kotim Drs H Yanero saat dikonfirmasi mengatakan dana untuk operasional program KF sudah mencukupi dan sesuai dengan keperluan dilapangan.

Perlu diketahui, sebagai mana yang diatur dengan UU No. 20 Tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional pada pasal 13 yang mengamatkan bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, non formal dan informal. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar