14 April 2009

Dana BOS Kotim 2009

Kotim Terima Rp6,6 Miliar
Dana BOS Triwulan Pertama

SAMPIT – Kabar gembira bagi sekolah penerima dana bantuan operasional sekolah (BOS) di kabupaten Kotim. Setelah gali lobang tutup lobang hingga akhir triwulan pertama, dana yang dinanti akhirnya dikucurkan.
Manager BOS Kotim Agus Suryo Wahyudi mengatakan total dana BOS yang diterima Kotim sebesar Rp6,6 miliar. Dana itu diberikan untuk ribuan pelajar dan ratusan sekolah.
“Untuk tahun ini dana yang kita terima mengalami kenaikan. Penyebabnya, lantaran dinaikkannya dana yang dianggarkan per pelajar oleh pemerintah pusat,” kata Agus.
Dirincikannya untuk jenjang SD adan sekitar 4.965 murid dari 325 sekolah yang akan menerima dana BOS tersebut, sedangkan untuk jenjang SMP ada 12.429 pelajar dari 85 sekolah.
Dia menambahkan, untuk jenjang SD akan menerima dana sebesar Rp397 ribu per siswa selama setahun dan jenjang SMP Rp570 ribu persiswa setahun. “Dana itu akan dikucurkan tiap 3 bulan sekali,” bebernya.
Dia merincikan, jenjang SD totalnya Rp.4.927.762.500,00 dan jenjang SMP total Rp.1.771.132.500,00. “Jumlah totalnya sekitar Rp6,6 Miliar lebih, dan dana tersebut sudah dikucurkan akhir bulan Maret lalu. Untuk mengambilnya bisa langsung mendatangi bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat atau mengambil ke kantor Pos terdekat dengan membawa bukti-bukti yang kuat,” sebutnya.
Disinggung mengenai sanksi bagi mereka yang ketahuan melakukan penyelewengan, Agus berharap agar Dana BOS disalurkan sesuai dengan petunjuk dan teknis yang telah ditetapkan. Apalagi, katanya, dana ini akan diawasi superketat oleh beberapa instansi yakni BPK, BPKP, Inspektorat Daerah Kabupaten dan Provinsi, pengawas sekolah TK/SD dan SMP.
“Dana BOS itu sebenarnya napas untuk membantu siswa miskin sehingga terus bersekolah dan ini juga bertujuan untuk menuntaskan pendidikan wajib belajar 9 tahun, kalau diselewengkan kemana anak bangsa ini akan dibawa,” pungkasnya. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar