31 Mei 2009

SPPN Adakan Praktik Kejuruan

Praktik Buat Kripik dan Susu
Siswa SPPP Gelar Praktik Kejuruan

SAMPIT – Sebanyak 33 siswa kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri (SPPN) mengadakan praktik kejuruan. Praktik itu untuk mengetahui sejauhmana penyerapan teori yang telah dipelajari.
Praktik kejuruan tersebut diikuti 2 jurusan yakni jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) dan jurusan Perkebunan. Kedua jurusan tersebut mengadakan praktik dengan jadwal waktu yang sama diruang kelas masing-masing.
Kepala SPPN Sampit melalui Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Saprudin mengatakan, meskipun kedua jurusan itu berbeda tetapi untuk mata pelajaran sama yakni mengadakan praktik membuat bahan mentah menjadi bahan jadi dan siap untuk dijual.
“Untuk jurusan TPH praktik membuat susu kedelai dan kripik singkong, sedangkan jurusan perkebunan emping melinjo dan minyak kelapa,” katanya disela-sela kegiatan akhir pekan tadi.
Dia menambahkan, hasil praktik yang dibuat oleh para siswa tersebut selain dipasarkan juga dikonsumsi sendiri. “Biasanya dikonsumsi sendiri ini bertujuan agar siswa yang mengolah tersebut mengetahui tentang rasa kemudian akan menganalisa mana yang perlu ditambah dan dikurangi,” sebutnya.
Dia melanjutkan, sebelum diadakan praktik langsung, para siswa tersebut telah dibekali dengan diberikan teori-teori sesuai dengan jurusannya masing-masing. “Untuk teori 30 persen sedangkan praktik 60 persen,” bebernya. (fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar